Jumat, 09 Oktober 2009

Hujan meteor

Hujan meteor adalah pemandangan spektakuler untuk dilihat, tapi apa sebenarnya penyebabnya? Meskipun sering disebut sebagai bintang jatuh, meteor bukanlah bintang sama sekali. Sebenarnya meteor adalah  puing-puing yang jatuh dari sebuah komet.


Pada malam hari, hujan meteor yang terlihat oleh kita tamapk sebagai coretan-coretan cahaya yang cepat .Hujan meteor terjadi akibat puing-puing memasuki atmosfir bumi  selama perjalanan komet di jalurnya   Panas yang dihasilkan oleh tekanan ram pada entri atmosfer yang menciptakan seberkas cahaya. Kebanyakan meteor hancur selama proses ini. Mereka yang melakukan perjalanan sepanjang jatuh ke bumi dikenal sebagai meteorit.


Meskipun meteor sering terlihat pada malam hari , ada waktu-waktu tertentu dari tahun di mana laju meteor terlihat jauh lebih kerap. Sering terjadi setiap tahun atau lebih, hujan meteor atau badai meteor dapat diperkirakan lebih kerap terlihat pada jam-jam tertentu.



Tergantung di mana suatu jalur meteor memasuki bumi, meteor akan muncul dan jatuh dari satu daerah tertentu di langit. Inilah sebabnya nama-nama dari hujan meteor yang sering disebut ,disebabkan asal konstelasi dari mana munculnya  meteor itu jatuh. Misalnya, hujan meteor Perseid ini dinamakan karena berasal dari konstelasi Perseus. Kebanyakan meteor jatuh dari sebuah titik di daerah tertentu di langit. 
 
Memang  tahun-tahun terakhir ini semakin sering dan kerap adanya hujan meteor bahkan di Indonesia pun mulai juga kedatangan "tamu-tamu" dari angkasa ini. Sebagai contoh berita terakhir tentang ledakan yang terjadi di Bone, sebagian mengindikasikan tentang adanya hujan meteor yang sempat menimbulkan ledakan (meski tidak dipungkiri mungkin disebabkan oleh sonic boom dari pesawat Sukhoi yang terbang terlalu rendah saat melakukan latihan).
contoh gambar dibawah ini adalah hasil dari bekas jatuhnya meteor di Carancas Peru :



Dan dibawah ini adalah gambar dari batu meteor yang tersisa setelah menghantam bumi :




Harapan kita setidaknya hujan meteor ini tidaklah sampai mengakibatkan bencana yang besar seperti yang terjadi puluhan ribu tahun yang lalu sehingga menimbulkan kemusnahan Dinosaurus. Karena hanya dengan meteor seukuran yang pernah jatuh dan menghantam arizona saja dapat dipastikan lebih dari separuh umat manusia akan musnah dan dapat menimbulkan gelombang Tsunami yang mencapai ketinggian 1km...
 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut