Selasa, 20 Oktober 2009

Bermain dengan ikan hiu putih


Hiu putih besar, Carcharodon carcharias, juga dikenal sebagai white pointer, hiu putih, atau white death, adalah jenis hiu yang sangat besar dan bisa ditemukan di permukaan perairan pantai di semua samudra besar. Mencapai panjang sekitar 6 m (20 ft) dan beratnya mencapai 2.250 kg (5.000 lb), hiu putih besar dikenal sebagai pemangsa ikan terbesar di dunia . Dan satu-satunya spesies yang masih hidup dari genus, Carcharodon. 
 


Hiu putih besar hidup di hampir semua perairan pantai maupun lepas pantai yang memiliki suhu air antara 12 dan 24 ° C (54 ° sampai 75 ° F), dengan konsentrasi yang lebih besar berada di lepas pantai selatan Australia, dari Afrika Selatan, California, Isla GuadalupeMeksiko dan beberapa lagi di Tengah Laut Mediterania dan Laut Adriatik. Salah satu populasi terpadat ditemukan di sekitar Dyer Island, Afrika Selatan di mana banyak penelitian mengenai ikan hiu dilakukan, juga ditemukan di perairan tropis seperti di Karibia, dan tercatat juga didaerah Mauritius.



Manusia, dalam hal apapun, tidak cocok bagi ikan hiu putih besar sebagai makanannya karena pencernaan ikan hiu terlalu lambat untuk mencerna tubuh manusia yang memiliki rasio tulang otot dan lemak yang tinggi. Oleh karena itu, dalam sebagian besar serangan yang tercatat, hiu putih besar, putus kontak setelah gigitan pertama. Kematian biasanya disebabkan oleh hilangnya darah dari cedera ekstremitas awal bukan dari hilangnya organ kritis atau dari bagian tubuh yang digigit.
 

 
12 000 tahun yang lalu, pada waktu ketika mammoths punah, manusia yang berkelana di laut menghadapi kemungkinan bertemu dengan ikan hiu terbesar yang pernah hidup, saudara dekat dari ikan hiu putih besar.




Perkiraan bervariasi mengenai panjang Carcharodon Megalodon, sebagai raksasa,  yang paling realistis tampaknya sepakat pada angka antara 12 dan 15 m (40 dan 50 ft), dengan berat sekitar 20 ton.



Gigi dari hiu raksasa ini beberapa yang sempat diukur hingga 152 mm (6 inci) panjangnya, dan berat 340 g (12 oz)-yang "yang umumnya ditemukan dalam sedimen Palaeocene dari seluruh dunia. Banyak juga telah dikeruk dari dasar laut.



Tak seorang pun dapat memastikan kapan tepatnya Megalodon  punah, dan beberapa bahkan optimis menyatakan bahwa spesimen ini yang terisolasi, mungkin masih ada di kedalaman laut hari ini. Kebanyakan ilmuwan, bagaimanapun, mengabaikan kemungkinan ini.
 

 
Dua gigi dari hiu raksasa yang punah, Carcharodon Megalodon, dibandingkan dengan gigi hiu putih besar. Fosil gigi  besarseperti yang ditemukan ini berasal dari hiu yang memiliki setidaknya 12 m (40 kaki) panjangnya.Gigi Hiu Putih besar yang memiliki panjang tubuh sekitar 3 m (9.8 kaki). Tinggi enamel pada gigi Megalodon terbesar yang pernah ditemukan adalah 115 mm (4,53 in), dibandingkan dengan gigi hiu  putih besar yang hanya sekitar 70 mm (2,8 in).
 

 

1 komentar:

  1. wow... blog ini lebih lengkap dari blog enigma..

    BalasHapus

Pengikut